Friday, October 26, 2012

Cumi ala Nigella lawson

Suatu hari nonton acara Nigellissima di tv, dia masak cumi tapi dengan bumbu Italy. Penasaran donk dengan rasanya, kayak yang enak. Cumi kan biasanya di masak dengan saus tiram, asam manis, gulai cumi, lha ini dengan bumbu Italy.

Akhirnya, hari rabu pergi ke pasar dengan niat beli cumi. Cuminya bagus, dan harganya murah 1 kg hanya 3,5 euro.  Tapi kalau disini kyknya ga ada deh ikan atau seafood lainnya yang segar, semua pasti sudah mengalami pembekuan dengan es.  Hari itu juga saya olah si cumi ini, kalau saya lihat di Nigellissima, si cumi warnanya putih, mungkin karena dia pakai cumi yang sdh dibersihkan dan kepalanya dibuang. Kalau saya penampakannya masih merah padahal si kulit dan jeroannya sdh saya buang, mungkin karena si kepala masih saya ikut sertakan (habis sayang klo dibuang) jadi warnanya masih merah,seperti foto di bawah ini.



Kalau ditanya rasanya gimana? hmm..enak walaupun agak-agak aneh aja dimulut karena taste baru. tapi lumayan lah sebagai alternatif kalau lagi bosen masak cumi ala chinesse atau ala padang. Saya catat di blog ini, biar saya jg ngga lupa resepnya:D

resep:
cumi 1/2 kg, bersihkan kulit dan jeroannya, kalau mau warnanya putih kepala juga ikut dibuang, kasih air jeruk nipis, sisihkan
3 siung bawang putih
2 cabe rawit merah
1 sdt lemon zest
1 sdm air jeruk nipis
italian herbs, terserah deh mau basil, oregano atau daun ketumbar
garam  dan merica secukupnya

caranya:
cuci kembali cumi agar tidak amis, panaskan minyak kemudian tumis bawang putih, cabe rawit, dan lemon zest sampai harum, masuk cumi sampai matang, terakhir kasih italian herbs, garam, merica, dan air jeruk nipis. sajikan dengan nasi hangat.

No comments:

Post a Comment