Friday, October 26, 2012

Bumbu Pecel Homemade

Duh..seneng banget dapet resep sekaligus cara buat bumbu pecel ini.  Saya dapat resep ini langsung dari orang Malang (thanks ya mba Id), sebelum beliau pulang ke Malang, kita sempat tukeran resep, dia minta diajarin resep buat siomay dan bumbunya, sedangkan saya minta diajarin buat bumbu pecel khas malang, apa blitar,apa madiun :D, pokonya daerah Jawa Timur deh. Dan ternyata rasanya sama persis dengan bumbu pecel yang dijual itu, happy banget. Beliau cerita, kalau ayahnya salah satu produsen bumbu pecel ini, wah tambah mantap deh, tidak diragukan lagi.



Saya catat lagi di blog biar ga ilang nih resep, sayang banget kalau ilang.  Seperti biasa takarannya disesuaikan dengan selera masing2 ya, yang penting ingredrientnya.

Resep :
kacang tanah, digoreng dengan sedikit minyak
daun jeruk
cabe rawit/cabe merah
kencur
gula merah
asem (sedikit saja)
bawang putih
garam

Semua bumbu di tumis sampe harum, kecuali asem, gula merah, dan garam. Campur kacang tanah yang sudah digoreng, dengan tumisan bumbu tadi di food processor, kemudian beri asam (yg dikasih air sedikit), gula merah, dan garam sampai halus (ini juga tergantung selera ya, kalau mau halus ya agak lama di haluskannya). Kalau buat banyak, bumbu pecel ini bisa disimpen sebagian di kulkas asal disimpan ditempat yang rapat. Nah kalau mau pakai tinggal di siram air hangat, kasih air jeruk purut.

Kenapa kalau bumbu pecal yang dijual itu padat, teman saya ini juga cerita kalau yang padat itu tinggal dipadatkan(di press)



Kalau lagi males masak, bumbu pecel ini ngebantu banget, tinggal rebus sayur, goreng tahu atau tempe, buat air panas, beres deh.



No comments:

Post a Comment