Friday, October 26, 2012

Sayur Bayam (si simple yang menyegarkan)

hmm...rasanya semua orang sudah tau deh cara masak sayur yang satu ini, sayur bayam ini bisa di tumis atau cuma di sayur bening biasa, atau di lalap juga enak.  Bayam di belanda berbeda tekstur dan rasanya dengan bayam di Indo, saya lebih suka bayam Indo soalnya tidak pernah meninggalkan bekas "ngilu" di gigi, kalau bayam di sini selalu meninggalkan bekas ngilu di gigi. Tapi kalau bayam ini di rebus terlebih dahulu (jgn lama2) kemudian ditiriskan dan langsung diolah, si "ngilu" itu hilang, ya walaupun kadar vitaminnya juga ikut hilang hehe...

Ini dia penampakannya :


Ceritanya di supermarket si bayam ini lagi discount, tanpa liat2 penampakannya langsung beli tuh bayam. Sampe rumah, wow terkejutlah saya ketika lihat bayam koq penuh tanah, karena biasanya kalau beli di supermarket si bayam itu sdh bersih, lha ini belum. Akhirnya untuk menghindari penyakit yg ikut dibayam itu, saya cuci berapa kali itu bayam sampai airnya bening, kemudian saya rebus sebentar, lalu tiriskan.  sambil merebus saya buat kaldunya, isinya simple bawang merah, bawang putih, garam, gula.  Masak sampai mendidih, setelah mendidih masukan jagung kalengan, bayam yg sdh di rebus dan potongan tomat. Ternyata bayam masih hijau, dan tekstur tidak lembek, dan yang penting tidak meninggalkan"ngilu"


No comments:

Post a Comment