Sunday, October 21, 2012

Kroket Kentang isi Tuna

Dapat tantangan nih dari temen untuk buat kroket kentang, hmm...awalnya sih males, lha dari dulu saya ngga pernah buat kroket ini karena ngeper duluan, yang kebayang si kroket meletus, terus kentangnya "mbyar" keluar.  Tapi pas diliatin blognya orang lain yang disitu ada penampakan kroket yang cantik, jadi semangat deh buat. Isinya tuna, selain gampang juga sy lagi bosen buat rogut, setelah minggu kemarin bikin risoles untuk jualan.
nih di penampakannya (sedih banget fotonya dicuri orang lain, salahnya aku pas posting foto kroket ini tidak pake watermark, huhu...)




Resepnya saya modifikasi, karena resep yang beredar selalu pake susu bubuk (disini mana ada)

resep :
5 buah kentang yang besar (kurleb 1/2 kg)
2 sdm keju parut
garam, merica, pala
kuning telur (1 buah)

untuk isi :
1 kaleng tuna
1 sdm sambel oelek
garam dan gula
bawang bombay dan wortel (kemarin ga pake, lagi males motong2)

caranya :
kentang digoreng sampe matang, ngga usah nunggu sampe coklat. ketika panas2 langsung dihaluskan bersama bumbu2 yang lain.

untuk tuna, tumis semua bahan sampai agak kering.

penyelesaian: ambil adonan kentang, isi dengan tuna, bulatkan atau dibuat bentuk lonjong. gulingkan ditepung panir, kemudian putih telur dan gulingkan kembali di tepung panir. Goreng dalam minyak banyak, dengan api sedang.


  
Enak dimakan degan cabe rawit, berhubung sedang kosong cabe rawitnya diganti saja dengan sambel botolan.

INI NIH FOTO YANG DIAMBIL TANPA IJIN..:(((




huh..ternyata membuat kroket kentang tidak sesulit yang dibayangkan, malah dari waktu lebih efisien kroket daripada risoles. Memang jangan hanya dibayangkan tapi juga harus dipraktekan...

No comments:

Post a Comment