Friday, December 2, 2011

BASO AYAM


Baso ini adalah baso yang kesekian kalinya yang pernah saya buat. Tapi dari kesekian kalinya baso ini yang dirasa paling pas rasanya. Sebelum-sebelumnya kalau bikin baso, belum pas rasanya, walaupun ya lumayan untuk obat kangen.
Saya tidak tau penyebabnya, karena kalau liat takaran ingredientsnya sama aja, apakah karena faktor dagingnya, atau cara menggilingnya.
Baso ini saya buat karena ada request khusus dari teman yang akan pulang ke Indonesia, jadi sebelum dia pulang ke Indonesia, dia pingin makan baso buatan saya terlebih dahulu. (padahal di Indonesia lebih banyak yang jualan baso enak, aya-aya wae:))



Takut hilang resepnya, saya tulis deh di blog ini. Ini dia resepnya:
500 gram fillet ayam (saya suka pakai fillet pahanya, krn lebih juicy dan daging dalam keadaan dingin)
100 gram tepung kanji
2 putih telur
2 1/2 sdt garam
1 1/2 merica


Caranya;
giling semua bahan. Setelah membentuk adonan yang solid baru deh dicetak pentol-pentol, caranya bisa dibulat2 pake tangan atau pake sendok.o ya air rebusan basonya ditambahkan garam, atau menggunakkan air kaldu, katanya sih biar rasa dari basonya tidak hilang. setelah saya coba cara ini,memang berhasil...basonya lebih gurih.

No comments:

Post a Comment