Friday, December 2, 2011

AYAM KODOK


Apa sih artinya ayam kodok? ayam yang di kodok2(bhs sunda-ngodok-) atau ayam yang seperti kodok? whatever lah yang penting ayam kodok ini jadi, dan enak. Karena keterbatasan bahan yang ada, ayam kodok ini dibuat dengan bahan seadanya. Saya tidak menggunakan liver paste,karena tidak nemu yang berlabel halal.



Ini resepnya:
1 ekor ayam, ambil kulitnya sedangkan dagingnya digunakan untuk isiannya

bahan isian:
250 gram ayam cincang
100 gram bread crumbs
2 butir telur
2 1/2 sdt garam
1 1/2 sdt merica
sedikit pala dan gula putih
1 buah bawang bombay, tumis
2 buah bawang putih, tumis juga
wortel potong2 kecil (optional)
2 telur ayam atau 4 telur puyuh, direbus..biarkan utuh

bahan olesan:
kecap manis, kecap asin, mentega

Caranya:
nah ini dia yang agak ribet, yaitu menguliti ayamnya (keliatannya sih ribet, padahal gampang koq), liat aja caranya di internet,banyak koq yang menampilkan bagaimana cara menguliti si ayam, bahkan di youtube jg ada.

bahan isi, semuanya dicampur, lalu masukan ke dalam kulit ayam, selingi dengan telur rebus, kalau menggunakan telur ayam, saya simpan telurnya di tengah tapi kalau pake telur puyuh, saya simpen telornya disetiap sendi ayam (dua di paha, dua lagi di sayap). Kalau sudah terisi ayamnya, pastikan bahwa tidak ada kulit ayam yang robek atau kalau ada yang robek jahit dengan benang yang warnanya kontras(dan dicuci dulu tentunya). Kalau sudah siap, bagian ekornya juga dijahit. tusuk-tusuk dengan garpu, kemudian dikukus 45 menit, sdh matang angkat.
Olesi ayam dengan bahan olesan, kemudian masukkan ke oven selama 45 menit, ngolesinnya jgn sekali ya, tapi sering biar ayam mengkilat. o ya kalau saya suka simpen bawang putih (masih dengan kulitnya) disekitar ayam tersebut, efeknya jadi nambah aromanya.
Coba deh, kalau sudah mencoba pasti bilang "tak sesulit yang sibayangkan"

No comments:

Post a Comment