Sunday, October 21, 2012

Ikan Goreng sambal Dabu-dabu

Dari rumah diniatkan ingin beli ikan yg banyak dipasar, untuk stok padahal dikulkas sdh nyetok juga ikan beku zalm (yg ada kulitnya) dan panga. Sebetulnya dari kecil sy penggemar ikan apalagi ikan laut, tapi semenjak tinggal di belanda jadi jarang makan ikan soalnya bosen ikan nya itu -itu lagi, klo ngga makarel ya kembung atau kerapu..sebenarnya banyak sih macemnya tapi ikan yang lain itu harganya mahal:D. Hari sabtu kemarin, seneng banget pas lihat ikan bawal (kyknya sih bawal) kenapa ga yakin, soalnya klo ikan bawal lebih lebar ke samping, nah klo ini lebar memanjang (nah lho bingung kan..)ya pokonya ikan sejenis bawal lah..dibelilah ikan ini, satu ekor satu kilo, emang besar-besar nih ikan (sayang ngga sempat difoto)
nih penampakan setelah di goreng.



Duh apa istimewanya sih ikan goreng biasa aja koq di pajang :D, saya dan suami penggemar ikan yang bumbunya simple, jadi rasa ikannya masih kerasa. ikan goreng ini hanya saya kasih jeruk nipis dan garam saja.

Mungkin ada sebagian orang yang gagal mengolah ikan, misalnya tetap bau amis padahal sudah diberi jeruk nipis. Nih, saya kasih tau tips nya ya...setelah diberi air jeruk nipis, biarkan beberapa saat, kemudian cuci beberapa kali sampai dirasa cukup, baru lumuri garam, dan goreng. di jamin ikan ga bau amis.

untuk sambal dabu-dabu, bahannya simple juga tapi jangan tanya rasanya..hmm, lekker..
bahannya hanya cabe rawit, tomat, bawang merah, semua dirajang, beri garam-gula secukupnya, kemudian tuangkan minyak bekas goreng ikan yang masih panas, terakhir kucuri air jeruk purut. Ikan goreng siap dimakan dengan sambel dan nasi putih.


No comments:

Post a Comment